sejarah kata kata jancok

0 komentar




Jancok berasal dari kata ‘encuk’ yang memiliki padanan kata bersetubuh atau #### dalam bahasa Inggris. Berasal dari frase ‘di-encuk’ menjadi ‘diancok’ lalu ‘dancok’ hingga akhirnya menjadi kata ‘jancok’.

Ada banyak varian kata jancok, semisal jancuk, dancuk, dancok, damput, dampot, diancuk, diamput, diampot, diancok, mbokne ancuk (=mother####er), jangkrik, jambu, jancik, hancurit, hancik, hancuk, hancok, dll. Kata jangkrik, jambu adalah salah satu contoh bentuk kata yang lebih halus dari kata jancok.

Makna asli kata tersebut sesuai dengan asal katanya yakni ‘encuk’ lebih mengarah ke kata kotor bila kita melihatnya secara umum. Normalnya, kata tersebut dipakai untuk menjadi kata umpatan pada saat emosi meledak, marah atau untuk membenci dan mengumpat seseorang.
Namun, sejalan dengan perkembangan pemakaian kata tersebut, makna kata jancok dan kawan-kawannya meluas hingga menjadi kata simbol keakraban dan persahabatan khas (sebagian) arek-arek Suroboyo.


Kata-kata ini bila digunakan dalam situasi penuh keakraban, akan menjadi pengganti kata panggil atau kata ganti orang. Misalnya, “Yoopo kabarmu, cuk”, “Jancok sik urip ae koen, cuk?”. Serta orang yang diajak bicara tersebut seharusnya tidak marah, karena percakapan tersebut diselingi dengan canda tawa penuh keakraban dan berjabat tangan.


Kata jancok juga bisa menjadi kata penegasan keheranan atau komentar terhadap satu hal. Misalnya “Jancok! Ayune arek wedok iku, cuk!”, “Jancuk ayune, rek!”, “Jancuk eleke, rek”, dll. Kalimat tersebut cocok dipakai bila melihat sesosok wanita cantik yang tiba-tiba melintas dihadapan. Hehe…


Akhiran ‘cok’ atau ‘cuk’ bisa menjadi kata seru dan kata sambung bila penuturnya kerap menggunakan kata jancok dalam kehidupan sehari-hari. “Wis mangan tah cuk. Iyo cuk, aku kaet wingi lak durung mangan yo cuk. Luwe cuk.”. Atau “Jancuk, maine Arsenal mambengi uelek cuk. Pemaine kartu merah siji cuk.”

Jancok Sebagai Identitas Arek Suroboyo

Surabaya adalah kelompok sosial yang bersifat heterogen. Keberagaman ras, etnis, maupun perbedaan pekerjaan menjadikan di kota ini berkembang sebagai metropolitan. Modernitas ini memupuk keberagaman secara kolektif dan kontinyu sehingga memiliki ciri khas (Dr. Achmad Habib,MA:2004).

Kesamaan dalam bentuk perilaku sehari-hari, konsep pemikiran, perspektif terhadap kehidupan, menjadikan masyarakat surabaya muncul loyalitas dan kebanggaan tersendiri. Banyak istilah yang mencerminkan kebanggaan arek surabaya seperti Bonek ataupun umpatan seperti jancok yang dibahas dalam artikel ini.

Jancuk dalam media komunikasi sebagai kosakata, atau lebih tepat jika dikatakan sebagai kata sapaan. Terlepas dari persoalan maknanya, jancuk dapat dipandang sebagai produk budaya dalam bentuk tradisi lisan. Dalam perkembangannya dapat berimplikasi, baik secara langsung, maupun tidak langsung terhadap masyarakat (Teeuw, 1984:65).

Dalam perkembangan yang begitu cepat, kata jancok menjadi populer. jancok menjadi simbol aksen/pengucapan dalam setiap aktifitas Arek Surabaya. Dalam perang kemerdekaan, kata jancok menjadi kata pengobar semanga pejuang. Coba perhatikan film perjuangan, Surabaya 10 November 1945, jancok dijadikan sebuah ungkapan untuk menumpahkan rasa kesal, kecewa ataupun motifator.

Pada dasarnya jancuk merupakan penanda masyarakat Surabaya yang berwatak yang keras, penuh perlawanan, spontanitas dan egaliter. Namun pada kenyataanya asumsi negatif tetap ‘dibebankan’ pada jancuk yang mempengaruhi perkembangan moralitas arek Surabaya. Pernyataan tersebut tidaklah salah, sebab memang secara harfiah, jancuk merupakan akronim dari kosakata yang ‘ditabukan’, namun disisi lain masyarakat Surabaya dikenal sebagai masyarakat yang dalam proses interaksi sosial menganut sistem masyarakat yang bersifat egaliter.

Sistem masyarakat yang bersifat egaliter adalah sebuah perilaku sosial dalam sebuah proses interaksi sosial yang tidak membeda-bedakan manusia, terutama dalam ruang lingkup kelompok sosialnya sendiri, dalam hal status dan derajat sosialnya (Kellner, 2003: 215)

Hal tersebut sepertinya menguatkan kepercayaan bahwa kata jancok sudah merupakan identitas arek Suroboyo, sekaligus kata salam atau sapaan yang menjadi suatu ungkapan yang mengandung arti kedekatan emosi sesuai dengan karakter arek Soroboyo. Namun demikian baik Sabrod. D Marioboro maupun Edi T. Samson mengatakan dalam penggunaannya harus tetap memperhatikan esensi, situasi, tempat dan kepada siapa kata itu diungkapkan dan ditujukan. Jangan sampai hanya kerena ‘jancok’ terjadi pertumpahan darah yang menumbangkan persatuan yang selama ini dibina.
[read more..]

cerita lucu tentang rokok

0 komentar
 

cowok perokok Vs SPG Rokok :
“Kok mba merokok sih?” tanya si
Cowo “Bang, ini rokok bukan sembarang
rokok. Ini rokok punya makna loh.”
“Punya makna gimana mba?”. Si SPG berbicara dgn suara pelan, “Sst
sst sst ARDATH artinya Aku Rela
Ditiduri Asal Tidak Hamil”
Si Cowo bingung tapi seneng dalam hati( “Wah ini yang gue cari” ) Kemudian si cowo balik berbisik kepada si SPG, “Mba tahu nggak rokokku DJARUM loh,, artinya : Demi Janda Aku Rela Untuk Mati”
Lantas keduanya senyum dan tertawa kecil sambil malu2 Si cowo makin
berani berbicara
“Mba khan masih ada banyak waktu nih,
gimana kalau kita keseberang sana
yuk?”
“Seberang mana Bang?” ujar si SPG
balik nanya,
"Hmmmm....itu loh hotel” kata si cwo.
Si SPG yg sudah nganggur 4 bln,
langsung saja bilang OK. Pas dikamar si SPG malu2 bilang...
"Aku BLACK loh Bang"
"Maksud mba....?" Si cowo agak
blank dan + Bingung krn yg dia liat si SPG
putih mulus
"Iya BLACK....Buluku Licin Abis Cukur
Kemaren"
"Ahhh Mba bisa aja dah ,,,, Kebetulan
saya sangat suka dengan
berFLAVA......berFantasi Liar Ama
VAg*na" jawab si cowo makin asbun
Mereka berdua makin cengkikikan
dan si SPG bilang
"Ayo Bang.... MINAK
JINGGO....MIring eNAK JINjit
MongGO"
"Tenang aja Mba, saya BENTOEL
koq...
BErdiri Nungging Tidur Oral Emang
Lihayyy" si cowo tambah makin asbun Tengah
saat bercinta si SPG berujar, “Bang.. Bang .. Jangan sungkan-
sungkan kalau mau AMILD ... tapi
SAMPOERNA yaa"
"Hahh..apa tuh mba...?" Si cowo
makin
HoorNy Dan
"Hihihih.. AMILD... Ayo Mainkan Itu
Lidah Dong, SAMPOERNA... SAMPing POEting haRus keNA Lohhh Bang"
jawab si wanita
"Oooo tenang aja Mba saya siap JISAMSU koq..... JIlat SAMpai SUbuh"
makin Tambah asbunnn aja si Cowo..
[read more..]

kata kata jomblo 2014 edisi terbatas

0 komentar
Assalamualaikum wr.wb lama enggak posting buat kangen dunia blogging alasan enggak karena laptop saya rusak bagi anda yang ingin membantu saya donasikan uang anda agar saya bisa posting tiap hari.oh ya bagi yang berminat membeli blog,blog ini di jual harga di mulai 1000000 nego visitor perhari 10 rb yang berminat hubungi saya.




Kalo itu yg terbaik buat lu, yaudah... Gw cuma bisa ngeliat dan tersenyum :)

Cinta adalah naluri perasaan buat seseorang yang tidak bisa dibohongi dan disembunyikan

Rasa takut dalam hati akan menjadi penghalang dalam sebuah kesuksean terbesar ketika anda ingin meraih apa yang ingin anda raih

Seharusnya aku yang ngehapus air mata di pipi kamu..

Aku disini sendiri nunggu kamu.. Tapi kamu nya pergi sama orang lain :')

gue jomblo. ya terus emang kenapa? masalah buat lo? urusin aja urusan sendiri, jangan urusin urusan orang lain bisa kali..

Rasa takut dalam hati akan menjadi penghalang dalam sebuah kesuksean terbesar ketika anda ingin meraih apa yang ingin anda raih

Gue tuh paling anti sama cewe MUNAFIK!

Dunia ini kecil jika hati anda lapang untuk menerima segala yang terjadi dalam kehidupan yang menimpa diri anda.

Maju selangkah demi selangkah lebih baik jika di bandingkan berlari seribu langkah namun terdiam seribu tahun karena lelah

Rasa takut dalam hati akan menjadi penghalang dalam sebuah kesuksean terbesar ketika anda ingin meraih apa yang ingin anda raih

Ngapain sayang sama orang yang gak sayang sama kita. Rugi..

Cuma cowo bego yg bisa ninggalin cewe yg tulus sayang sama dia...

Seharusnya aku yang ngehapus air mata di pipi kamu..

Aku disini sendiri nunggu kamu.. Tapi kamu nya pergi sama orang lain :')

Janji yang pernah aku ucapkan untuk menjagamu, tak kan pernah aku ingkari... meskipun aku hanya bisa menjagamu dari jauh...

Cinta adalah naluri perasaan buat seseorang yang tidak bisa dibohongi dan disembunyikan

Jika waktu tak mampu lagi mengajariku melupakanmu, lalu, dengan apa lagi Tuhan menguji kesetiaanku

Mantan itu seseorang yang telah gagal dalam hubungan kita.

dulu bilang bakal sayang selamanya? sekarang? :|

Mendingan jomblo , daripada status pacaran tapi disakitin mulu :')

i want a RELATIONSHIP that last with you

Cinta yg paling indah adl ketika sepasang kekasih itu bisa saling jujur, menjaga, setia, dan saling mencintai dgn tulus 

Cinta yang teramat besar terkadang dapat membuat kita lupa diri dan tidak bisa berpaling darinya lagi

Berhati-hatilah jika kau membuat seorang wanita menangis, karena malaikat menghitung air matanya.

Cinta sejati adalah ketika dia yang kamu cinta tak lagi mempedulikanmu, tapi kamu masih menunggunya dengan setia.

Ketika kamu belajar mencintai seseorang, jgn lupa juga untuk belajar melepaskannya

Cinta paling besar adalah cinta Tuhan kepada umatnya. Cinta paling tulus adalah cinta orang tua pada anaknya. cinta sejati.. aku dan kamu 

mungkin kamu bisa melupakan masa lalu, tapi tidak dapat menghapusnya

Sebuah awal dari kehidupan baru di mulai dengan daun yang kering lalu gugur jatuh ketanah

Dunia ini kecil jika hati anda lapang untuk menerima segala yang terjadi dalam kehidupan yang menimpa diri anda.

Janji yang pernah aku ucapkan untuk menjagamu, tak kan pernah aku ingkari... meskipun aku hanya bisa menjagamu dari jauh...

Rasa takut dalam hati akan menjadi penghalang dalam sebuah kesuksean terbesar ketika anda ingin meraih apa yang ingin anda raih

Maju selangkah demi selangkah lebih baik jika di bandingkan berlari seribu langkah namun terdiam seribu tahun karena lelah

Cinta adalah berbagi. Karena walau ada di dua raga, setiap pasangan hanya memiliki satu hati

Jealous sih , tapi ya gue kan ga ad hak ngapa"in :)

Nyesek tau ga sih , pas ngeliat kalian ngobrol ber dua an 

kesetiaan yg sejati timbul dari kesadaran, bukan paksaan.

galau saat ada masalah itu wajar kok, cuma jangan lupa move on aja :)

lebih baik atur diri sendiri dulu agar menjadi lebih baik. tak perlu berusaha mengubah orang lain.

keegoisan, hanya membuat mu merasa menang sementara.. namun dapat menghancurkan segalanya

persahabatan itu saling mengerti, bukan menghakimi. saling melindungi bukan merasa paling tinggi.

senyum adalah 1 dari 1000 cara untuk membuat hidup mu bahagia 

tak pernah ada kata menyesal di saat bertemu dengan mu, walau hanya sementara 

Ketika kamu belajar mencintai seseorang, jgn lupa juga untuk belajar melepaskannya 

semenjak ada DIA ,, kamu bukan kamu yang seperti dulu

Tak akan pernah semua kenangan indah bersamamu dulu bisa terulang lagi, saat dirimu lebih memilih tuk bersama dirinya

Cinta tidak diukur dari seberapa kekayaan anda, tetapi seberapa tulus pemberian anda

Kamu memang cantik fisik,tapi belum tentu cantik hatimu..

Senyum dibalik rasa kesedihan itu akan sangat sakit rasanya

Gue juga capek kali , kalo lo giniin terus 

Pacar itu gausa dikejar" ditunggu aja , nanti juga dateng sendiri yg cocok ☺ 

Kalo uda putus , kyk nya si doi jadi tambah cakep ya ┐(ˇ.ˇ")┌

Jujur aja sih aku sayang sama kamu , jadi kamu jgn giniin aku terus 

Kesendirian Itu Adalah Waktu Yang Tepat Untuk Menunjukan Siapa Diri Kamu Yang Sebenarnya Kepada Orang-Orang Yang Telah Menyakiti Kamu

PRIA Sejati Adalah PRIA Yang Rela Lama2 JOMBLO Demi Menunggu Seorang Wanita Yang Bener2 Dia Cintai Dan Bukan Untuk Disakiti

Jika Seorang Pacar Dapat Membuatku Kehilangan Teman !!! Maka Aku Akan Lebih Memilih JOMBLO

Memperbaiki Diri Jauh Lebih Baik Dari Pada Memikirkan Bagaimana Cara Mendapatkan Cinta Seseorang

Cuma mau kamu tau perasaan aku , udah itu aja☺ 

Gimana mungkin aku bahagia kalo nge liat kamu sedih terus 

Semoga kamu tau kalo aku cinta sama kamu , walaupun aku ga pernah mengatakannya :) 

Cinta katanya tidak harus memiliki , tapi aku munafik kalo aku bilang ga mau memilikimu 

Aku ga pernah kok nyesel pernah jatuh cinta sama kamu , karna kamu tuh kenangan terindah buat aku 

Cinta sama kamu sih gampang , move on nya aja sulit nya yang pake banget

Cukup sekian dari saya satu kata terahir dari saya sesama jomblo harus saling mengerti dan jangan menghina ok

[read more..]

biografi michel heart

0 komentar
Di bulan ini nama Michael Heart santer terdengar lagi akibat perang yang kembali bergejolak di jalur Gaza,setelah lama tak terdengar tentang pergejolakkan di gaza,tahun ini kembali memanas dan santer terdengar berita di Media-media sosial dan di telivisi-telivisi di indonesia,Okelah kali ini saya akan sedikit berbagi biografi sang sosok legendaris musisi yang penuh kecintaanya terhadap Gaza 

Nama :                               Michael Heart
Nama Panggilan:              Heart
Nama Asli:                         Annas Allaf
Tempat Kelahiran:            Suriah
Besar di:                            Austria,Swiss,Timur Tengah dan Amerika Serikat
Karier:                       Heart mulai memainkan gitar dan piano pada usia 10 tahun. Ketika remaja, ia mulai menggubah lagu dan menyanyikannya sendiri. Setelah lulus dari jurusan teknik audio (audio engineering) di Full Sail University, California, tahun 1990, Heart pindah ke Los Angeles. Heart membuka studio rekaman lokal di rumahnya dan disana ia mengasah kemampuannya sebagai seorang teknisi rekaman dan gitaris
Lagu Paling Populer: We Will Not Go Down telah di-view hingga 1,021,000 kali di Youtubemp3-nya di-download sebanyak 325,000 kali, dan telah mendapatkan email respon sebanyak 10,000 email, komentar dan pesan







[read more..]
 

©copyright 2013 MB CORP design By Muhammad Barizi

Powered By Blogger